Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Urutan warna kabel Straight & Cross beserta Fungsinya

Pengkabelan Straight Dan Cross Merupakan Sebuah Sistem Pengkabelan yang digunakan Dalam Dunia Jaringan Informatika. Dalam Penggunaanya, Pengkabelan Straight Dan Cross Dimanfaatkan Untuk Membuat sebuah jaringan LAN. Jenis Kabel yang digunakan Adalah Kabel UTP.

UTP ( Unshielded Twisted Pair ) Merupakan Sebuah Jenis Kabel jaringan yang Dibuat dari penghantar tembaga. Kabel Jenis Ini banyak digunakan untuk membangun Sebuah Jaringan lokal( LAN ). Kabel UTP sendiri memiliki 8 warna, putih orange, orange, putih biru, biru, putih hijau, hijau, putih coklat, coklat. Kabel UTP Sering dikombinasikan dengan konektor RJ-45.

Untuk menghubungkan Kabel UTP ke perangkat keras sebuah jaringan Lokal, harus menggunakan sistem pengkabelan Straight dan Cross. pembeda antara sistem pengkabelan Straight dan Cross hanya pada sistem susunan warna pengkabelanya saja Beserta Fungsinya. Pada Kesempatan hari ini kita akan membahas Penjelasan Tentang Pengkabelan Straight dan Crossover Dan Fungsinya.

KABEL CROSS DAN STRAIGHT

Standart dalam Pengkabelan pada sistem jaringan memiliki Fungsi yang berbeda. Sehingga pada saat kita akan melakukan Sebuah Crimping pada Sebuah Kabel UTP kita tidak Boleh asal. Ada 2 Jenis pengkabelan dalam Jaringan yaitu Straight dan Crossover. Berikut Penjelasan Dari Masing-masing sistem Pengkabelan Tersebut dan contohnya.

KABEL STRAIGHT

Kabel Straight Berfungsi Untuk menghubungkan Perangkat Jaringan yang berbeda. Pada Straight, Urutan susunan warna pada ujung Conector satu dengan Ujung Conector lain memiliki Warna yang sama.
 

SUSUNAN WARNA KABEL STRAIGHT

Conector 1

Conector 2

Putih OrangePutih Orange
OrangeOrange
Putih HijauPutih Hijau
BiruBiru
Putih BiruPutih Biru
HijauHijau
Putih CoklatPutih Coklat
CoklatCoklat

CONTOH PENGGUNAAN KABEL STRAIGHT :

  1. Menghubungkan antara computer dengan switch
  2. Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
  3. Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
  4. Menghubungkan switch ke routerMenghubungkan HUB ke router 

    KABEL CROSSOVER

    Kabel Crossover Berfungsi Untuk Menghubungkan Perangkat Jaringan yang Sama Atau Sejenis. Untuk Susunan Warna Pada Ujung Conector Satu Dengan Ujung Conector Lain Terdapat Persilangan. Berikut gambar Dari Sistem Pengkabelan Crossover.

    SUSUNAN WARNA KABEL CROSS

    Conector 1

    Conector 2

    Putih OrangePutih Hijau
    OrangeHijau
    Putih HijauPutih Orange
    BiruPutih Coklat
    Putih BiruCoklat
    HijauOrange
    Putih CoklatBiru
    CoklatPutih Biru

    CONTOH PENGGUNAAN KABEL CROSSOVER :

    1. Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
    2. Menghubungkan 2 buah switch
    3. Menghubungkan 2 buah HUB
    4. Menghubungkan switch dengan HUB
    5. Menghubungkan komputer dengan router

    KESIMPULAN : 

    Setelah Membaca penjelasan diatas. Dalam suatu Jaringan Lokal, Sistem pengkabelan Memiliki 2 Standard, yaitu cross dan straight. Perbedaan yang menonjol dari kedua pengkabelan adalah dari sisi fungsi dan juga dari susunan warna. Untuk Pengkabelan Straight Digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang berbeda, Contoh antara Komputer dengan Sebuah Hub, Dan Sebaliknya. Crossover digunakan untuk menghubungkan Sebuah perangkat jaringan yang sama, Contoh 2 buah switch yang akan Dihubungkan. Dengan Membaca tersebut. kamu akan tau pembeda dan susunan warna Cross dan Straight. Sekian Pembahasan Materi Straight dan cross. Semoga bermanfaat.

    Post a Comment for "Urutan warna kabel Straight & Cross beserta Fungsinya"