Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat koneksi PHP dengan Database MySQL

Lalare IT - Untuk seorang programmer pemula. kita harus tau bagaimana carana membuat koneksi antara PHP dengan Database MySQL. Kenapa PHP harus dikoneksikan ke Database ? Fungsinya agar kita dapat memanipulasi data yang ada di dalam database.

Gambar intro

Dalam membuat sebuah koneksi terhadap PHP sebenarnya sangat mudah. PHP telah menyediakan fungsi-fungsi khusus untuk mengkoneksikan PHP dengan Database yang akan dijelaskan pada tutorial kali ini. Berikut ini cara untuk membuat koneksi PHP dengan Database.

Cara membuat koneksi PHP dengan MySQL

Sebelum ke langkah membuat sebuah koneksi PHP dengan MySQL, langkah pertama yang dibuat yaitu membuat database. silahkan membuat sebuah database dengan nama belajar. kemudian silahkan buat table user atau teman-teman silahkan copy query dibawah ini. agar cepat.


CREATE DATABASE `belajar`

CREATE TABLE IF NOT EXISTS `user` (
`id` int(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
`nama` varchar(50) NOT NULL,
`alamat` text NOT NULL,
`pekerjaan` varchar(50) NOT NULL,
PRIMARY KEY (`id`)
)

INSERT INTO `user` (`id`, `nama`, `alamat`, `pekerjaan`) VALUES
(1, 'Andi', 'Surabaya', 'web programmer'),
(2, 'Santoso', 'Jakarta', 'Web Designer'),
(6, 'Samsul', 'Sumedang', 'Pegawai');

Setelah berhasil membuat sebuah database, kita akan coba menghubungkan koneksi PHP dengan Database. Buat file dengan nama koneksi.php, isi file koneksi dengan kode dibawah ini dan save di direktory localhost teman-teman.


<?php
// isi nama host, username mysql, dan password mysql anda
$host = mysql_connect("localhost","root","xxx");

if($host){
echo "koneksi host berhasil.<br/>";
}else{
echo "koneksi gagal.<br/>";
}
// isikan dengan nama database yang akan di hubungkan
$db = mysql_select_db("belajar");

if($db){
echo "koneksi database berhasil.";
}else{
echo "koneksi database gagal.";
}
?>

Apa maksud dari kode diatas ? mari kita bahas satu persatu. pertama ada sebuah fungsi mysql_connect(). Dari namanya saja kalian pasti sudah mengira bahwa fungsi tersebut berguna untuk membuat sebuah koneksi.ada 3 paramater yang bisa dimasukan, pertama host dari mysql, kedua username dari mysql, ketiga password dari mysql.

Jika kamu menggunakan XAMPP pada windows. Pengaturan default dari XAMPP yaitu hostnya localhost, username root, password kosong. kemudian mysql_select_db() berfungsi untuk memilih nama database yang telah kita buat. yang tadi telah diberi nama "belajar". untuk mengecek database telah berhasil atau tidak terhubung diatas ada sebuah if yang berfungsi mengecek koneksi php telah berhasil terhubung dengan database atau belum.

Setelah berhasil membuat database dan file koneksi, silahkan buka file koneksi melalui localhost. Jika berhasil maka otomatis halaman koneksi akan menampilkan informasi bahwa koneksi database berhasil.
Gambar hasil koneksi.php
Sekian artikel dari saya tentang membuat koneksi php dengan Database MySQL. Jika ada pertanyaan tentang artikel ini, silahkan berikan komentar teman-teman dibawah artikel.

Post a Comment for "Cara membuat koneksi PHP dengan Database MySQL"